SILABUS DAN RPP SAINS (IPA) Kls. IV SD/MI

I. SILABUS SAINS SEMESTER I
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : IV / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)

  1. Standar Kompetensi
    Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
  2. Kompetensi Dasar

    1. Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
    2. Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
    3. Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca
      indera dengan fungsinya
    4. Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
    5. Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF


II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek

  1. Kompetensi Dasar
    Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
  2. Indikator
    Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
  3. Materi Essensial
    Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
    Bagian rangka (hlm.2)
    Rangka kepala
    Rangka badan
  4. Media Belajar
    Anggota tubuh siswa (tangan)
  5. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

    1. Pendahuluan
      Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
    2. Kegiatan Inti
      Memahami peta konsep tentang rangka manusia
      Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa
      Mendeskripsikan rangka manusia:
      Rangka kepala
      Rangka badan
      Siswa menyebutkan rangka kepala
    3. Penutup
      Mengulang kembali rangka manusia, rangka kepala dan rangka badan

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF

III. SILABUS SAINS SEMESTER II
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : IV / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)

  1. Standar Kompetensi
    Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda
  2. Kompetensi Dasar

    1. Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
    2. Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda
    3. Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar
      serta sifat-sifatnya
    4. Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF

IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Gaya
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah

  1. Kompetensi Dasar
    Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
  2. Indikator

    1. Membuat daftar berbagai gerak benda.
    2. Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
    3. Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan.

  3. Materi Essensial
    Gaya Mempengaruhi Gerak
    Gaya mempengaruhi benda diam (hlm.136)
  4. Media Belajar
    Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas IV
    Bola, kelerang, berbagai benda yang berak, dinding sekolah
  5. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

    1. Pendahuluan
      Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
      Memahami kembali peta konsep tentang gaya.
    2. Kegiatan Inti
      Memahami konsep gaya berupa dorongan atau tarikan.
      Memahami perubahan yang dialami objek atau benda jika diberikan sebuah gaya.
      Melakukan kegiatan 7.1 (hlm.136)
      Memberikan contoh gaya yang menyebabkan benda diam bergerak
    3. Penutup
      Menarik kesimpulan bahwa gaya dapat mengakibatkan benda diam menjadi bergerak

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF

0 komentar:

Poskan Komentar